Saturday 22 March 2014

Dengen The Scarce Fruit ( Dengen si Buah langka)


Saya sangat ingat waktu masih kecil kakek saya sering membawa buah ini sebagai oleh oleh dari kebun hampir setiap hari. rasa Buah ini ada yang asam ada juga yang manis keasam asaman.dengan tekstur buah berlapis lapis cukup tipis dengan biji hitam kecil di dalamnya, apabila ingin dikonsumsi buah ini tidak dipetik dari pohonnya tetapi akan jatuh sendiri dengan kulit lunak yang terbuka seperti cangkangkangnya. Cara mengonsumsi buah ini selain dimakan langsung seperti buah lain  Biasanya buah ini karena rasanya dijadikan sebagai pemberi rasa asam pada masakan dikampung kami, contohnya pada masakan ikan. Atau dijadikan sebagai sambal yang cukup lezat yang dikenal dengan nama cobe-cobe' di daerah kami. Seiring dengan perkembangan zaman buah ini juga diolah sebagia minuman yakni dijadikan sebagai jus. Sepengetahuan saya buah hanya tumbuh di sekitar wilayah kabupaten tempat saya tinggal yakni Kabupaten Luwu timur, sulawesi selatan, Indonesia. Tidak akan anda temui di daerah lain. Karena itu dengeng termasuk kedalam buah langka.Berbicara tentang manfaat memakan  buah tentu kita harus mengetahui kandungan gizi atau vitamin dalam buah tersebut. Sampai saat ini saya sendiri tidak tahu kandunagn dari buah ini dan telah saya mencoba jasa om google tapi tidak menemukan hasilnya, yaah tidak mengherankan karena buah ini memang buah yang langka jadi belum dikenal dan di konsumsi orang banyak, yah kita tunggu saja nanti, apakah ada teman teman yang tertarik untuk melakukan riset tentang Dengen ini, khususnya dari segi kandungan gizi.




                                 










2 comments: