Friday 21 February 2014

Info Biaya SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba)



Tanggal 13 Februari 2014,saya menuju R.S Polri Sukanto di bilangan Kramat jati Jakarta Timur setelah mendapat referensi dari seorang petugas yang saya temui dekat sebuah Puskesmas. Ternyata ngurusin Surat keterangan Bebas Narkoba di Jakarta itu sangatlah mahal, beda banget  dengan  pengalamanku dulu di makassar, cukup bayar skitar 20 ribu rupiah kita sudah dapat memiliki Surat keterangan ini. Kalau dipikir pikir sebagai org awam Cuma meriksa air urine aja, harus merogoh duit sebesar itu, bersyukur kalau kita ketemu Rumah sakit yang gak terlalu membebani pasien atau pengguna layanan ini. Seteleh mendengar beberapa info pasca pendaftaran CPNS 2013 tahun lalu katanya ada yang bayar sampai Rp.500.000 rupiah, wow fantastis banget untuk ukuran berkas adminitrasi bagi pencari kerja, pasalnya ini di menjadi persyaratan yang pokok, dan belum mejamin apakah kedepannya si pencari kerja dapat lulus di pekerjaan yang dia lamar. Kesannya siih sangat membebani, tapi yaaah mau gak mau harus bin kudu dijalanin juga.
Sebenarnya tujuan awal saya sih di bukan langsung melakukan tes urine ini, tetapi Cuma survey harga dulu, takutnya kalau biayanya masih seperti info yang saya dengar sebelumnya ,maklumlah saya masih teringinang ngiang dengan info yang diberikan petugas puskesmas tentang biayanya yang mencapai ratusan ribu rupiah. Dirumah sakit pertama ini saya mendapatkan harga yang luar biasa banget deh bagi saya pribadi yakni 300 ribu rupiah..mendengar keterangan dari pretugas rumah sakit di poli itu aku langsung  pamit deh ama petugas setelah sedikit berbasa basi 
Oh iya Saya sempat bertanya juga pada petugas di rumah sakit tadi apakah biaya disetiap rumah sakit sama atau tidak, dia menjawab bahwa dia tidak tahu, jadi saya mengambil kesimpulan bahwa kemungkinan di rumah sakit lain mungkin masih ada harga yang lebih murah, maka saya langsung menuju rumah sakit kedua terdekat dari rumah, yakni Rumah sakit Budi Asih. Dirumah sakit ini saya mendapat informasi harga yang jauh lebih murah dibanding di rumah sakit Polri tadi, petugas ditempat pendaftran mengatakan bahwa paling mahal sampai 115 ribu rupiah, cukup melegakan walaupun masih lumayan mahal bagi saya yang pernah merasakan layanan yang sama dengan harga yang lebih murah. Alhasil saya pun langsung mendaftarkan diri tetapi petugas mengatakan jam pendaftaran hari itu sudah berakhir jadi dia menyarankan untuk datang lagi besok.
Keesokan harinya saya pun datang lebih awal dan sesuai instruksi dari petugas kemarin saya langsung mendaftarkan diri sesuai dengan persayaratannya. Biaya pendaftrannnya sebesar Rp.15.000 dan biaya pelayannya sebesar Rp.20.000 dan masih ada biaya yang lainnya sebesar Rp.60.000 tapi saya lupa tepatnya itu biaya apa, kalau gak salah itu adalah biaya lab, Jadi totalnya adalah Rp.95.000.
Demikianlah pengalamanku ngurus SKBN atau lebih dikenal dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba, semoga berguna bagi yang membaca (^^)V


No comments:

Post a Comment